Langsung ke konten utama

BISNIS MODEL CANVAS


BISNIS MODEL CANVAS
Bisnis model canvas adalah alat representasi visual yang dapat menjelaskan secara komprehensif sebuah proses bisnis. Dengan tools BMC ini, kita dapat memahami sebuah bisnis secara garis besar tanpa harus membuat dokumen bisnis plan panjang lebar.
Business Model Canvas ini terdiri dari 9 pilar utama yang merangkum proses bisnis mulai dari value perusahaan, segmen pelanggan, hingga struktur finansial. Dengan kesembilan blok ini, sebenarnya kita sudah bisa memvalidasi apakah satu ide bisnis itu potensial atau tidak.
Oleh karenanya, membuat bisnis model canvas adalah hal paling awal yang biasanya dibutuhkan seorang pengusaha pemula. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat sebuah bisnis model canvas yang baik?
Jawaban sederhananya tentu dengan banyak berlatih membuat model bisnis canvas. Cara lain yang lebih efektif adalah dengan memahami secara mendalam setiap elemen dari BMC. Berikut deskripsi dan panduan mengisi secara mudah kesembilan blok yang ada dalam bisnis model canvas.

1.    Customer segments

Siapa yang akan membeli produk anda? Siapa yang mau membayar Anda?
Bagian ini akan menjelaskan siapa pelanggan potensial dari produk Anda. Bisa juga berisi profil orang yang memiliki masalah yang akan dipecahkan oleh bisnis Anda. Untuk model bisnis ecommerce yang berkembang sekarang ini, customer segment mencakup si penjual barang dan pembeli. Untuk lebih jelas mengenali siapa segmentasi pelanggan Anda, ada baiknya kamu juga mempelajari apa itu buyer persona.

2.    Value Propositions

Mengapa orang memilih untuk menggunakan produk/jasa Anda? Apa keunggulan bisnis Anda dibanding kompetitor yang lain? Apa yang paling menarik dari model bisnis Anda?
Blok ini berisi tentang nilai tambah yang akan membuat bisnis Anda terlihat menarik dan berbeda dengan bisnis lainnya. Biasanya berupa solusi atau inovasi yang Anda tawarkan dan menjadi keunggulan utama perusahaan.

3.    Channel

Bagaimana cara pelanggan dapat mengetahui produk/jasa yang Anda tawarkan? Bagaimana cara produk/jasa bisa sampai ke tangan pelanggan? Apakah cara itu efektif?
Sederhananya, channel adalah media yang bisnis Anda gunakan untuk men-deliver solusi yang kamu tawarkan untuk sampai ke konsumen. Channel ini bisa berupa website, online advertisement, aplikasi, bahkan seorang sales person. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai channel marketing di era modern, kamu bisa simak dalam tulisan strategi marketing era digital.

4.    Customer Relationships

Bagaimana cara Anda untuk selalu connect dengan pelanggan? Bagaimana Anda memastikan pelanggan puas setelah menggunakan produk/jasa Anda?
Jika channel lebih banyak menjangkau orang yang belum tahu produk Anda, maka customer relationship adalah kebalikannya. Kamu harus tahu bagaimana cara bisnis Anda bisa terus keep in touch dengan para pelanggan. Bentuknya pun bisa sangat beragam, mulai dari newsletter, layanan after sales, dan sejenisnya.

5.    Revenue Streams

Bagaimana cara bisnis Anda menghasilkan uang? Apa saja produk/jasa yang Anda jual?
Pada kedua blok bagian bawah (cost & revenue), kamu perlu menjabarkan struktur finansial dari perusahaan. Di bagian revenue, tentu yang perlu kamu tuliskan adalah produk/jasa apa saja yang dapat memberikan pemasukan.

6.    Key Activities

Apa kegiatan yang Anda lakukan untuk menciptakan value proposition? Apa strategi yang bisnis Anda lakukan sehingga target perusahaan dapat tercapai?
Blok ini adalah bagian yang menjelaskan bagaimana kamu bisa menciptakan value preposition perusahaan. Jika bisnis kamu adalah product-based, maka inovasi teknologi dalam proses pembuatan produk bisa menjadi key activities.

7.    Key Resources

Apa sumber daya utama yang haus Anda miliki untuk menjalankan bisnis Anda? Asset apa saja yang Anda butuhkan agar bisnis dapat bersaing dengan bisnis serupa?
Sumber daya utama, key resources merupakan kolom yang akan menjelaskan asset strategis perusahaan. Aset ini bisa berupa bahan baku produk, infrastruktur yang dibutuhkan dan semacamnya.
8.    Key Partnerships
Siapa yang dapat mengerjakan hal-hal kebutuhan perusahaan diluar key activities-nya? Siapa pihak supplier/vendor yang paling menentukan kesuksesan perusahaan Anda?
Tidak ada bisnis besar yang berjalan sendiri, dalam menjalankan sebuah aktivitas bisnis, tentu kita membutuhkan mitra. Disinilah tempat kita memasukkan mitra strategis yang kita miliki. Dalam konteks bisnis, mitra bisa berupa supplier, vendor, agensi, dan sejenisnya.

9.    Cost Structure

Pengeluaran apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan model bisnis ini? Komponen biaya apa yang dibutuhkan pada setiap elemen key acivities, key resources, dan channel?
Pada bagian terakhir ini, kita harus menentukan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan keseluruhan aktivitas bisnis. Untuk mempermudah,struktur biaya dapat diisi berdasarkan isian pada kolom key activities, key resources, dan channel.

kali ini aku mau coba berbagi hasil BMC tentang produk smart hijab 


Bagaimana, mudah saja bukan? Jika kamu masih merasa kesulitan dalam membuat BMC, ada metode lain menggunakan daftar pertanyaan. Jawaban dari setiap pertanyaan itulah isi dari setiap elemen business model canvas. Berikut pertanyaan dari masing-masing kolom.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh pembuatan preformulasi tablet pct

BAB I ( PENDAHULUAN ) 1.1    Latar Belakang Masalah Apa yang kamu ketahui tentang preformulasi ? Preformulasi dapat diartikan sebagai langkah awal yang dilakukan ketika akan membuat formula suatu obat. Preformulasi meliputi pengkajian tentang karakteristik/sifat-sifat dari bahan obat dan bahan tambahan obat yang akan diformulasikan  Preformulasi adalah tahap awal dalam rangkaian proses pembuatan sediaan farmasi yang  berpusat pada sifat-sifat  fisika kimia zat aktif dimana dapat mempengaruhi penampilan obat dan perkembangan suatu bentuk sediaan farmasi. 1.2    Rumusan Masalah 1.     Apa yang dimaksud dengan preformulasi? 2.    Sebutkan dan jelaskan macam-macam sediaan obat! 3.     Jelaskan preformulasi pembuatan tablet paracetamol? 4.    Sebutkan bahan-bahan tambahan yang harus ada ketika pembuatan preformulasi tablet! 5.    Sebutkan bahan-bahan yang bila diperlukan ketika pembuatan preformulasi tablet! 1.3    Tujuan 1.    Memenuhi tugas dari guru mata pelajaran ILMU RESEP. 2.    Me

Perbedaan Oppo F9 dan Vivo V11 Pro

Hallo guys, assalamualaykum….😃🙋 Apa kabar dengan kalian semua? Semoga sehat selalu ya… Pasti sebagian dari kamu sudah mengetahui   kedua dari smartphone ini. Ya …. Vivo V11 Pro Display 6.41”super AMOLED 1080 x 2340 Pixels 91,27% Screen to Body Ration Qualcomm Snapdragon 660 AIE RAM 6 GB, ROM 64 GB GPU Adreno 512   Fingerprint Sensor on-screen Kamera belakang 12 MP (dual pixel) + 5 MP Kamera depan 25 MP Battery 3400mAh Dual Engine Fast Charging AI camera Anti backlight, AI HDR, AI portrait Framing, AI scene Recognition,   AI face shaping, AI selfie Lighting, AI portrait mode, AR sticker Oppo F9 Display 6,3”IPS LCD 1080 x 2340 pixels 90,80% Screen to Body Ration Mediatex MT6771Helio P60 RAM 6 GB, ROM 64 GB GPU Mali-G72 MP3 Fingerprint Sensor (rear) Kamera belakang 16 MP + 2 MP Kamera depan 25 MP Battery 3500mAh VOOC Fast Charging