BUARAN PEMASARAN
(4P)
Salah satu tujuan dari marketing adalah memastikan agar produk atau jasa
yang dibuat perusahaan dapat dikenal masyarakat, sehingga nantinya perusahaan
dapat mendapatkan laba dari penjualannya. Maka tidak aneh saat sebuah
perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran.
Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan
kecil seperti UKM juga harus memiliki strategi pemasaran. Justru malah jenis
usaha menengah dan kecil yang harus gencar membuat dan menjalankan strategi
pemasaran. Sehingga UKM menjadi lebih berkembang.
Namun, masalahnya beberapa UKM masih bingung dalam
menerapkan atau mengaplikasikan konsep dari strategi marketing. Padahal jika
saja mereka mau menerapkan dan mengaplikasikan dengan baik akan membantu bisnis
mereka menjadi lebih berkembang dan maju. Karenanya, artikel kali ini akan
membahas mengenai pengaplikasian salah satu konsep strategi marketing pada
sebuah usaha.
Strategi pemasaran memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yang sudah
kita kenal yakni strategi pemasaran 4P atau yang biasa disebut juga Strategi
Marketing Mix. Untuk mengingatkan sedikit, strategi pemasaran 4P merupakan
kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tepat)
dan promotion (promosi) yang dipadukan agar menghasilkan
respon yang diinginkan di pasar.
Ada banyak sekali usaha atau jenis UKM di Indonesia. Sebagai informasi
pemilihan carica ini penulis pilih secara random. Bukan berarti bahwa penerapan
strategi pemasaran 4P hanya dapat dilakukan untuk usaha
carica tetapi strategi pemasaran 4P ini dapat diterapkan dalam
berbagai jenis usaha.
Nah, kali ini aku mau coba ngasih contoh penggunaan
buaran pemasaran (4P) pada salah satu produk yaitu smart hijab misal nama UKM
nya adalah ղ-Ồutfit®. Hijab
adalah produk dari budaya Islam, yang mengacu pada proses perkembangan
seseorang berkaitan dengan kepercayaannya (aspek Ketuhanan), sehingga
mengekspresikan nilai-nilai dan makna-makna tertentu bagi setiap pemakainya.
Hijab juga merupakan fashion bagi perempuan, yang dipengaruhi oleh selera dari
masing-masing individu. Sebagai produk yang bernilai religi dan fashion, saat
ini jilbab sedang mengalami perubahan yang mengarah kepada ketaatan dalam
beragama dan perkembangan jaman.
PRODUCT (PRODUK)
UKM ղ-Ồutfit® , memproduksi manisan
hijab dengan merek smart hijab. Smart hijab merupakan sebuah
salah satu produk inovatif di bidang industry fashion yang dibuat dengan
memanfaatkan perkembangan teknologi khususnya di bidang sains sehingga Smart
hijab memiliki manfaat untuk menghindari pengguanya dari paparan sinar UV,
anti bakteri serta water repellent. Perbedaan produk ini dengan produk lain di pasar
ialah manfaat yang diberikan bagi pengguna adalah untuk kesehatan yaitu
menghindari pengguna dari terserangnya jamur dan bakteri yang dapat menimbulkan
masalah seperti ketombe dan bau apek, terhidar dari paparan sinar UV mengingat
bahayanya paparan sinar UV dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan kanker
kulit serta yang terakhir produk ini memiliki kemampuan sebagai water repellent
sehingga hijab tidak mudah mudah terkena kotoran. Hal ini dilirik sebagai
peluang pasar pengembangan usahanya yang dalam tataran teknis pemenuhan
kebutuhan hidup.
Nahh, kelebihan dari
produk ini dapat dijadikan strategi pemasaran untuk meningkatkan
konsumen karena mempunyai nilai jual tersendiri
PRICE (HARGA)
Salah satu strategi dalam strategi pemasaran adalah mengenai harga.
UKM ղ-Ồutfit® mencantumkan harga
dari produk smart hijab nya. Harga hjab di pasaran sangat variatif sehingga
dengan menerapkan harganya dalam produk akan membuat konsumen lebih mudah
membandingkan dengan kompetitor. Maka UKM ղ-Ồutfit® juga harus menetapkan harga yang kompetitif. Apabila perusahaan akan
menaikan harga kedepannya sebaiknya perusahaan juga memperhatikan persepsi
konsumen.
PLACE (TEMPAT)
UKM ղ-Ồutfit® memiliki tempat
produksi yang berada di kota serang - Banten. Produk hijab sekarang telah
menjadi produk yang sangat menjadi sorotsn kaum perempuan muslim didunia dengan
perkembangannya yang sangat luar biasa. Nah UKM ղ-Ồutfit® dapat memasarkannya di pusat perbelanjaan, dan bazar-bazar. Sehingga akan
sangat mudah untuk konsumen menemukan produk ini.
PROMOTION (PROMOSI)
Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk
kepada masyarakat. Media yang digunakan untuk melakukan promosi seperti poster,
selebaran, spanduk, pamflet, social media, iklan di radio. Beberapa
cara promosi yang dilakukan cukup efektif jika dibandingkan dengan penjualannya
yang terus meningkat. Sehingga strategi promosi selanjutnya dapat berupa target
seperti meningkatkan segmentasi konsumen dan juga meningkatkan jumlah pelanggan
yang loyal mengingat produk hijab sekarang menjadi kebutuhan primer bagi kaum
perempuan muslim.
Itulah cara menerapkan strategi pemasaran 4P dalam sebuah produk UKM. Mudah
bukan???
Sekarang saatnya, kamu mencoba melakukan strategi pemasaran 4P tersebut....😊
Komentar
Posting Komentar