Langsung ke konten utama

BUARAN PEMASARAN (4P)


BUARAN PEMASARAN (4P)


Salah satu tujuan dari marketing adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibuat perusahaan dapat dikenal masyarakat, sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari penjualannya. Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil seperti UKM juga harus memiliki strategi pemasaran. Justru malah jenis usaha menengah dan kecil yang harus gencar membuat dan menjalankan strategi pemasaran. Sehingga UKM menjadi lebih berkembang.
Namun, masalahnya beberapa UKM masih bingung dalam menerapkan atau mengaplikasikan konsep dari strategi marketing. Padahal jika saja mereka mau menerapkan dan mengaplikasikan dengan baik akan membantu bisnis mereka menjadi lebih berkembang dan maju. Karenanya, artikel kali ini akan membahas mengenai pengaplikasian salah satu konsep strategi marketing pada sebuah usaha.
Strategi pemasaran memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yang sudah kita kenal yakni strategi pemasaran 4P atau yang biasa disebut juga Strategi Marketing Mix. Untuk mengingatkan sedikit, strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tepat) dan promotion (promosi) yang dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar.
Ada banyak sekali usaha atau jenis UKM di Indonesia. Sebagai informasi pemilihan carica ini penulis pilih secara random. Bukan berarti bahwa penerapan strategi pemasaran 4P hanya dapat dilakukan untuk usaha carica tetapi strategi pemasaran 4P ini dapat diterapkan dalam berbagai jenis usaha.

Nah, kali ini aku mau coba ngasih contoh penggunaan buaran pemasaran (4P) pada salah satu produk yaitu smart hijab misal nama UKM nya adalah ղ-Ồutfit®. Hijab adalah produk dari budaya Islam, yang mengacu pada proses perkembangan seseorang berkaitan dengan kepercayaannya (aspek Ketuhanan), sehingga mengekspresikan nilai-nilai dan makna-makna tertentu bagi setiap pemakainya. Hijab juga merupakan fashion bagi perempuan, yang dipengaruhi oleh selera dari masing-masing individu. Sebagai produk yang bernilai religi dan fashion, saat ini jilbab sedang mengalami perubahan yang mengarah kepada ketaatan dalam beragama dan perkembangan jaman.

PRODUCT (PRODUK)

UKM ղ-Ồutfit® , memproduksi manisan hijab dengan merek smart hijab. Smart hijab  merupakan sebuah salah satu produk inovatif di bidang industry fashion yang dibuat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi khususnya di bidang sains sehingga Smart hijab memiliki manfaat untuk menghindari pengguanya dari paparan sinar UV, anti bakteri serta water repellent. Perbedaan produk ini dengan produk lain di pasar ialah manfaat yang diberikan bagi pengguna adalah untuk kesehatan yaitu menghindari pengguna dari terserangnya jamur dan bakteri yang dapat menimbulkan masalah seperti ketombe dan bau apek, terhidar dari paparan sinar UV mengingat bahayanya paparan sinar UV dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan kanker kulit serta yang terakhir produk ini memiliki kemampuan sebagai water repellent sehingga hijab tidak mudah mudah terkena kotoran. Hal ini dilirik sebagai peluang pasar pengembangan usahanya yang dalam tataran teknis pemenuhan kebutuhan hidup
Nahh, kelebihan dari produk ini dapat dijadikan strategi pemasaran untuk meningkatkan konsumen karena mempunyai nilai jual tersendiri 


PRICE (HARGA)

Salah satu strategi dalam strategi pemasaran adalah mengenai harga. UKM ղ-Ồutfit® mencantumkan harga dari produk smart hijab nya. Harga hjab di pasaran sangat variatif sehingga dengan menerapkan harganya dalam produk akan membuat konsumen lebih mudah membandingkan dengan kompetitor. Maka UKM ղ-Ồutfit® juga harus menetapkan harga yang kompetitif. Apabila perusahaan akan menaikan harga kedepannya sebaiknya perusahaan juga memperhatikan persepsi konsumen.

PLACE (TEMPAT)

UKM ղ-Ồutfit® memiliki tempat produksi yang berada di kota serang - Banten. Produk hijab sekarang telah menjadi produk yang sangat menjadi sorotsn kaum perempuan muslim didunia dengan perkembangannya yang sangat luar biasa. Nah UKM ղ-Ồutfit® dapat memasarkannya di pusat perbelanjaan, dan bazar-bazar. Sehingga akan sangat mudah untuk konsumen menemukan produk ini.


PROMOTION (PROMOSI)

Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Media yang digunakan untuk melakukan promosi seperti poster, selebaran, spanduk, pamflet, social media, iklan di radio. Beberapa cara promosi yang dilakukan cukup efektif jika dibandingkan dengan penjualannya yang terus meningkat. Sehingga strategi promosi selanjutnya dapat berupa target seperti meningkatkan segmentasi konsumen dan juga meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal mengingat produk hijab sekarang menjadi kebutuhan primer bagi kaum perempuan muslim. 


Itulah cara menerapkan strategi pemasaran 4P dalam sebuah produk UKM. Mudah bukan???
Sekarang saatnya, kamu mencoba melakukan strategi pemasaran 4P tersebut....😊


Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh pembuatan preformulasi tablet pct

BAB I ( PENDAHULUAN ) 1.1    Latar Belakang Masalah Apa yang kamu ketahui tentang preformulasi ? Preformulasi dapat diartikan sebagai langkah awal yang dilakukan ketika akan membuat formula suatu obat. Preformulasi meliputi pengkajian tentang karakteristik/sifat-sifat dari bahan obat dan bahan tambahan obat yang akan diformulasikan  Preformulasi adalah tahap awal dalam rangkaian proses pembuatan sediaan farmasi yang  berpusat pada sifat-sifat  fisika kimia zat aktif dimana dapat mempengaruhi penampilan obat dan perkembangan suatu bentuk sediaan farmasi. 1.2    Rumusan Masalah 1.     Apa yang dimaksud dengan preformulasi? 2.    Sebutkan dan jelaskan macam-macam sediaan obat! 3.     Jelaskan preformulasi pembuatan tablet paracetamol? 4.    Sebutkan bahan-bahan tambahan yang harus ada ketika pembuatan preformulasi tablet! 5.    Sebutkan bahan-bahan yang bila diperlukan ketika pembuatan preformulasi tablet! 1.3    Tujuan 1.    Memenuhi tugas dari guru mata pelajaran ILMU RESEP. 2.    Me

BISNIS MODEL CANVAS

BISNIS MODEL CANVAS Bisnis model canvas adalah alat representasi visual yang dapat menjelaskan secara komprehensif sebuah proses bisnis. Dengan tools BMC ini, kita dapat memahami sebuah bisnis secara garis besar tanpa harus membuat dokumen bisnis plan panjang lebar. Business Model Canvas ini terdiri dari 9 pilar utama yang merangkum proses bisnis mulai dari value perusahaan, segmen pelanggan, hingga struktur finansial. Dengan kesembilan blok ini, sebenarnya kita sudah bisa memvalidasi apakah satu ide bisnis itu potensial atau tidak. Oleh karenanya, membuat bisnis model canvas adalah hal paling awal yang biasanya dibutuhkan seorang pengusaha pemula. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat sebuah bisnis model canvas yang baik? Jawaban sederhananya tentu dengan banyak berlatih membuat model bisnis canvas. Cara lain yang lebih efektif adalah dengan memahami secara mendalam setiap elemen dari BMC. Berikut deskripsi dan panduan mengisi secara mudah kesembilan blok yan

Perbedaan Oppo F9 dan Vivo V11 Pro

Hallo guys, assalamualaykum….😃🙋 Apa kabar dengan kalian semua? Semoga sehat selalu ya… Pasti sebagian dari kamu sudah mengetahui   kedua dari smartphone ini. Ya …. Vivo V11 Pro Display 6.41”super AMOLED 1080 x 2340 Pixels 91,27% Screen to Body Ration Qualcomm Snapdragon 660 AIE RAM 6 GB, ROM 64 GB GPU Adreno 512   Fingerprint Sensor on-screen Kamera belakang 12 MP (dual pixel) + 5 MP Kamera depan 25 MP Battery 3400mAh Dual Engine Fast Charging AI camera Anti backlight, AI HDR, AI portrait Framing, AI scene Recognition,   AI face shaping, AI selfie Lighting, AI portrait mode, AR sticker Oppo F9 Display 6,3”IPS LCD 1080 x 2340 pixels 90,80% Screen to Body Ration Mediatex MT6771Helio P60 RAM 6 GB, ROM 64 GB GPU Mali-G72 MP3 Fingerprint Sensor (rear) Kamera belakang 16 MP + 2 MP Kamera depan 25 MP Battery 3500mAh VOOC Fast Charging